Rabu, 12 Desember 2018

Artikel I Kids


12 RASUL KRISTUS




1              
     1. Simon disebut Petrus

        

         Simon nama aslinya, Petrus, atau Kefas nama yang diberikan oleh Yesus kepadanya, Petrus lahir di Betsaida Galilea. Nama ayahnya  adalah Yohanes yang disebut juga sebagai Yunus, Petrus berstatus sudah menikah terbukti saat Yesus menyembuhkan Ibu Mertuanya,Ia bekerja sebagai seorang nelayan bahkan di saat pertama kali Yesus bertemu dengannya ia sedang menjaring Ikan..

  Petrus salah seorang murid yang berani mengemukakan pendapatnya bahkan tanpa berpikir panjang,terbukti saat Yesus berjalan di atas air,dia berharap untuk bisa berjalan di atas air namun karena rasa takutnya terlalu besar ia hampir jatuh tenggelam, bahan ia sangat konyol di saat ia ingin membuat tenda bagii Yesus,Musa,Abraham dan Elia,di balik kekurangannya ada respon baik yang Petrus pernah lakukan yaitu ia mengakui Yesus sebagai Kristus. Di saat ia jatuh dalam dosa penyangkalan Terhadap Yesus,ia cepat sekali bertobat,menurut catatan sejarah Gereja Petrus mati dalam keadaan di salibkan,awalnya disalibkan seperti Yesus namun ia merasa tidak layak mati seperti Yesus,dengan demikian ia meminta agar disalibkan terbalik.

2.Andreas saudara Petrus


     

S    Salah seorang murid yang tidak begitu terkenal,sebab ia hanya di kenal sebagai saudara Petrus, Ia pernah menjadi murid Yohanes Pembaptis,ketika ia mendengar dari Yohanes Pembaptis mengenai diri Yesus,ia segera mengambil keputusan untuk mengikuti Yesus,dan ia mengajak saudaranya Petrus untuk mengikuti Yesus,sejak saat itu ia menjadi murid Yesus.

      3.Yakobus Anak Zebedeus

        Berkas:Rembrandt - Sankt Jakobus der Ältere.jpg
    Ia adalah putra dari Zebedeus dan Salome,juga merupakan saudara dari Yohanes, ia dan saudaranya disebut Boanergesyang berarti anak-anak guruh. Ia disebut Yakobus Tua atau Yakobus Besar untuk membedakannya dengan rasul lainnya yakni Yakobus anak Alfeus. Yakobus tercatat bersama-samaPetrus dan Yohanes sebagai 3 murid yang paling dekat dengan Yesus. Di awal tahun 44 sebelum bulan April, Yakobus dieksekusi mati dengan pedang oleh Raja Herodes agripa.

     
    4. Yohanes anak Zebedeus


                   

     Yohanes digoreng di dalam bak minyak mendidih di Roma, tetapi karena Tuhan masih ingin memakai Yohanes lebih lanjut, maka keajaiban terjadi sehingga walaupun ia telah di goreng hidup-hidup, ia masih bisa hidup terus. Tetapi akhirnya ia dibuang dah diasingkan ke pulau Patmos untuk kerja paksa di tambang batubara. Pada saat ia berada di sana, ia mendapatkan wahyu dari Allah sehingga ia bisa menulis kitab Wahyu.

           5. Filipus 

       

    Filipus itu berasal dari Betsaida, kota (kelahiran) Andreas dan Petrus. Sehari setelah bertemu dengan Andreas dan Yohanes di Yudea dekat sungai Yordan, Yesus memutuskan untuk berangkat ke Galilea dan dalam perjalanan ia bertemu dengan Filipus, dan berkata kepadanya: "Ikutlah Aku. Baru saja berjumpa dengan Yesus, Filipus kemudian bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.. Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!. Filipus dipilih Yesus menjadi salah seorang dari 12 rasul-Nya yang utama, seperti yang dicatat di semua Injil dan Kisah Para Rasul, di mana ia selalu menempati urutan ke-5 dan berpasangan dengan Bartolomeus (yang diyakini merupakan nama lain dari Natanael).

      6. Bartolomeus di sebut juga Natanael


       


         Ia berasal dari kota Kana di provinsi GalileaIsrael utara, Ia adalah sahabat dari Filipus,pertama kali Ia mengikuti Yesus di saat Ia di ajak oleh Filipus,Dialah yang disebut oleh Yesus sebagai orang Israel sejati,mendengar sebutan Yesus terhadap dirinya,Ia lansung mengakui bahwa Yesus benar-benar adalah Anak Allah. Eusebius dari Kaisarea menulis dalam Ecclesiastical History (5:10) bahwa setelah Kenaikan Yesus, Bartolomeus pergi sebagai misionaris ke India, di mana ia meninggalkan sebuah salinan Injil Matius. Tradisi lain mencatatnya sebagai misionaris ke Ethiopia, Mesopotamia, Parthia, dan Lycaonia. Bersama rasul sejawatnya, Yudas anak Yakobus, Bartolomeus dikenal membawa Kekristenan ke Armenia pada abad ke-1 M. Dikabarkan Bartolomeus mati syahid di Albanopolis di Armenia. Menurut satu riwayat, ia dipenggal kepalanya, tetapi tradisi yang lebih populer menyatakan bahwa ia dikuliti hidup-hidup dan disalib dengan kepala di bawah. Dikatakan bahwa Bartolomeus telah membawa Polymius, raja Armenia, menjadi penganut Kristen. Akibatnya, Astyages, saudara laki-laki Polymius, menyuruh Bartolomeus dihukum mati.


            7. Tomas disebut Didimus

                 

        Murid Yesus yang satu ini sangat terkenal karena ketidak percayaannya bahwa Yesus telah bangkit. Menurut catatan Bapa-bapa gereja, Tomas yang merupakan salah satu dari 12 rasul Tuhan melakukan penyebaran Injil ke wilayah timur, daerah Persia dan India, di luar perbatasan kekaisaran Romawi. Pada tanggal 27 September 2006, Paus Benedict XVI mengatakan bahwa "tradisi kuno menyebutkan bahwa Tomas mula-mula mengabarkan Injil di Suriah dan Persia (disinggung oleh Origenes, menurut Eusebius dari Kaisarea, Ecclesiastical History 3, 1) kemudian meneruskan ke India barat (menurut Acts of Thomas 1–2 dan 17ff.), dari sana pula ia akhirnya mencapai India selatan.

           Menurut tradisi, St. Thomas mati syahid di St. Thomas Mount di Chennai dan dimakamkan di dalam San Thome Cathedral Basilica.[23]Pada tahun 232 sebagian besar relikui Rasul Tomas diserahkan oleh seorang raja India untuk dibawa ke kota Edessa, Mesopotamia. Berkenaan peristiwa itu disusunlah kitab Acts of Thomas dalam bahasa Suriah. Sedikit relikui tetap disimpan dalam gereja di Mylapore, Tamil Nadu, India. Nama raja India itu menurut sumber Suriah adalah "Mazdai", dalam bahasa Yunani, "Misdeos" dan bahasa Latin "Misdeus", yang dihubungkan dengan "Bazdeo" pada uang logam Kushan dari raja Vasudeva I, di mana pengalihan huruf "M" dan "B" umum terjadi untuk nama India pada naskah kuno.


      8. Matius di sebut juga Lewi
    

       
   Ia memiliki latar belakang sebagai seorang pemungut cukai, Ia berasal dari dari Kapernaum, Ia juga memberi kesaksian lewat tulisan-tulisannya,tulisan-tulisannya di kenal dengan namanya sendiri yaitu Injil Matius  Berdasarkan tradisi Kristen, Matius mengabarkan Injil selama 15 tahun di kalangan masyarakat Yahudi di Yudea, dan kemudian berkeliling ke negara lain, termasuk EtiopiaMakedoniaPersia, dan Parthia.



9.  Yakobus Anak Alfeus

        


        Menurut beberapa pandangan, Yakobus anak Alfeus sering juga disebut Yakobus Muda (bandingkan dengan Markus 15:40) istilah muda ho micros = yang kecil. Menunjuk pada pembedaan dengan Yakobus anak Zebedeus. Mungkin ia lebih muda atau perawakannya lebih kecil? Tidak ada keterangan lebih. Jika Yakobus muda, benar-benar adalah Yakobus anak Alfeus, maka dapat terjadi Yakobus anak Alfeus adalah saudara sepupu Tuhan Yesus. Menurut legenda Yakobus anak Alfeus memberitakan Injil di Persia dan mati disalib di sana.


10. Simon orang Zelot

          


S           Simon adalah orang Zelot. Kaum Zeloti ini memprovokasikan suatu revolusi melawan penguasa  Romawi pada tahun 66-70, namun gagal. Tradisi mengatakan, bahwa setelah melakukan    evangelisasi di Mesir, Santo Simon bergabung dengan Santo Yudas Tadeus di Persia dan kemudia   menjadi martir bersamanya. 

        11. Tadeus/ Yudas bin Yakobus

             Stjudethaddeus.JPG

             Salah satu dari keduabelas rasul Yesus Kristus. Dalam Alkitab dicatat dengan nama "Yudas anak Yakobus" atau "Yudas bin Yakobus" Ia dikenal dengan nama lainnya Tadeus, atau Yudas Tadeus. Ada yang menyamakan dengan Yudas (saudara Yesus), penulis Surat Yudas, namun jelas berbeda orang dengan Yudas Iskariot, salah seorang dari kedua belas rasul lainnya, karena ada catatan mengenai "Yudas, yang bukan Iskariot"

1    12. Yudas Iskariot

              


I           Ia adalah anak dari Simon Iskariot, Dialah yang menghianati Yesus dengan menjual Yesus seharga 30 perak, Ia menyesali akan perbuatannya namun memilih mengakhiri hidupnya dengan mengantung diri, sebelum menghianati Yesus,Yudas Ikariot memiliki kebiasaan buruk yaitu  kebiasaannya suka mencuri uang. Alkitab menulis bahwa ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya. Dalam hal ini kita harus mengerti bahwa seseorang tidak mungkin jadi orang jujur mendadak atau menjadi pencuri mendadak. Kebiasaan Yudas mencuri dan mengingini uang untuk kepentingannya sendiri inilah yang membuka peluang iblis masuk dalam kehidupannya. 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda